Follow Now ....!

Pages

Rabu, 05 Juni 2013

TAWARAN PAHALA MEMBACA AL-QURAN

PAHALA MEMBACA AL-QURAN
Meningkatkan Frekuensi kajian Al-Quran

Meningkatkan prekuensi kajian Al-Quran yakni dengan membaca, mempelajari, mendalami dan mengamalkan Al-Quran yang terjadi pada umumnya di Indonesi, adalah pada bulan ramadhan wabil khusus tadarus Al-Quran. Sebetulnya perintah untuk mengkaji ataupun membaca mempelajari, mendalami dan mengamalkan Al-Quran bukan hanya pada bulan ramadhan saja, akan tetapi sepajang masa, selama kita masih bernafas. Ada kewajiban bagi kita untuk selalu menkaji, membaca, mempelajari, mendalami dan mengamalkan Al-Quran, sebab itu semua adalah perintah Allah SWT dan Rosul-Nya. Sebagai pebahasan pendahuluan mengulas kembali ayat Al-Quran surat al-Isro ayat 9 dan surat Al-Baqoroh ayat 185.

Surat al-Isro ayat 9;
(إِنَّ هَذَا الْقُرْاَنَ يَهْدِي لِلَّتِيْ هِيَ أَقْوَمُ وَ يُبَشِرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيْرًا (الاسراء : 9
Sesungguhnya al-Quran ini memberi petunjuk kejalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin, yang mengejakan amal sholeh, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.
Surat al-Baqoroh ayat 185;
(شَهْرُ رَمَضَانَ اَّلذِيْ أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاَنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهدَى وَالْفُرْقَانِ (البقرة : 185
Bulan ramadhan adalah bulan didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk tersebut, dan pembeda antara yang benar (hak) dan yang salah (batil).
Pada dua ayat ini, Allah SWT, menjelaskan bahawa oarang-orang yang mengkaji Al-Quran akan mendapatan pahala yang besar. Kemudian Allah SWT pun, menjelaskan pada surat al-Baqoroh ayat 185, bahwa orang-orang yang senatiasa mengkaji Al-Quran akan menemukan, fungsi-fungsi Al-Quran yakni, Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, sebagai penjelasan-penjelasan bagi petujuk tersebut serta sebagai pembeda antara yang benar (haq) dan yang salah (batil).
Dalam beberapa hadits, yang diriwyatkan oleh dari Imam Bukhori, Mulim Abu Dawud, At-Tirmizi, An-nasai dan Ibnu Majah, Roulullah SAW, bersabada; sebaik-baik kamu adalah oarang-orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkanya.
Riwayat dari 'Aisyah RA, bahwasanya Rosulullah SAW , bersabda;
اَلْمَاهِرُ بِاْلقُرْاَنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ اْلبَرَرَةِ وَ اَّلذِي يَقْرَاءُ الْقُرْاَنَ وَيَتَعْتَعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ
Orang-orang yang pandai (mengkaji) Al-Quran bersama-sama malaikat yang mulia lagi baik, sedangkan yang membaca al-Quran terbata-bata karena kesulitan dia mendapatan dua pahala.
Dalam riwayat lain Rosulullah SAW, menjelaskan;
اَلَّذِي يَقْرَأُهُ وَهُوَ يَشْتَدُّ عَلَيْهِ أَجْرَانِ (رواه البخارى ومسلم وأبو داود والترمذى والنساءى)
Orang yang kesulitan membaca Al-Quran dia akan mendapatan pahala dua kali lipat. (HR. Bukhori, Muslim, Abi Daud, At-Tirmizi, Nasai dan Ibnu Majah)
Membaca Al-Quran termasuk amal yang sangat mulia dan mendapatan pahala berlipat ganda. Ali bin Abi Tholib menjelaskan bahwa tiap-tiap orang yang membaca Al-Quran dalam sholat akan mendapatkan pahala 50 kebajikan untuk tiap-tiap huruf yang diucapkannya. Membaca Al-Quran diluar sholat dengan berwudhu pahalanya 25 kebajikan, bagi tiap-tiap huruf yang diucapkannya. Sedangkan membaca Al-Quran diluar sholat dengan tidak berwudhu pahalanya 10 kebajikan, bagi tiap-tiap huruf yang diucapkannya.
Demikianlah, sangat pentingnya meningkatkan frekuensi mengkaji (tadarus) Al-Quran, bagi semua manusia . Kalau kita betul-betul mencintai Allah dan Rosulnya, sudah barang tentu selalu ada kemauan untuk meningkatkan frekuensi tadarus Al-Quran, sebagai tanda bukti cinta kita kepada Allah dan Rosul-Nya. Pahala yang ditawarkan Allah SWT, sungguh berlipat ganda dan tiada terkira, sayang sekali kalau kita tidak mengerjakan perintah-perintah-Nya dan mengamalkan sunnah-sunnah Rosul-Nya.
 
Sumber dari aminazra.blogspot.cm
 
Wassalam, Khalimatusadiyah, Cirebon, Indonesia 2013
http://Khalimatusadiyah7.blogspot.com
 

1 komentar:

ESQ Corner mengatakan...

khalimah terus menulis dan berkarya...jangan menyerah dengan keadaan...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles